Tips menjaga kesehatan gigi selama puasa di bulan Ramadhan

Bookmark and Share


















1. Menyikat Gigi Setelah Makan Sahur dan Sebelum Tidur
Menyikat gigi setelah makan sahur dan sebelum tidur malam bertujuan agar sisa-sisa makanan yang ada di mulut bisa dibersihkan dan tidak diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat mengakibatkan lubang gigi.

2. Berkumur Saat Berwudhu
Berkumur saat wudhu dapat membantu mengurangi gejala mulut kering saat kita berpuasa.

3. Tadarus al-Quran
Tadarus atau membaca al-Quran secara tartil ( mentajwidkan huruf dan mengenal waqaf ) pada saat berpuasa selain akan dibalas dengan pahala berlipat ganda juga dapat berperan sebagai suatu substituen dari proses pengunyahan yang akan mengaktifkan otot-otot lidah, bibir, dan pipi. Dengan aktifnya otot-otot tersebut, maka kelenjar liur yang terdapat di bawah lidah, dekat telinga, dan di ujung rahang bawah, juga akan lebih aktif untuk mengalirkan air liur ke dalam rongga mulut. Seperti kita ketahui bersama, air liur memiliki fungsi membantu membersihkan gigi secara mekanis dan dapat melawan kuman-kuman di mulut serta mengandung protein dan mineral yang dapat melindungi gigi.

4. Perbanyak Minum Air Putih Saat Sahur dan Berbuka
Air putih adalah komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk menyimpan mineral-mineral yang diperlukan gigi sekaligus membersihkan partikel makanan yang menempel di sela-sela gigi. Air juga ada yang mengandung fluoride yang dapat membuat gusi anda tetap lembab dan memperkuat enamel gigi. Hindari minuman yang mengandung soda dan kafein karena dapat merusak dan mewarnai gigi.

5. Perbanyak Makan Makanan yang Berserat Tinggi (Buah dan Sayuran) saat Sahur dan Berbuka
Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut terlebih saat puasa. Rasulullah SAW membiasakan selalu berbuka dengan buah kurma.

6. Stop Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk seperti merokok, karena ini dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan bahkan gangguan mulut lainnya

7. Periksa Gigi Secara Rutin
Lakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin dan berkala minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.


       Demikian tips menjaga kesehatan gigi selama puasa di bulan Ramadhan agar dengan gigi sehat, InsyaAllah ibadah menjadi khusu' dan percaya diri.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar